ABOUT VIDEOSCRIBE


Pengertian dan Sejarah VideoScribe.

VideoScribe adalah perangkat lunak untuk membuat animasi whiteboard secara otomatis. whiteboard animation adalah media komunikasi yang dibuat oleh si pengirim kepada penerima tanda melalui simbol-simbol yang ada di whiteboard animation. Dengan adanya simbol-simbol seperti kata-kata, kalimat disertai gambar dan audiovisual akan membantu penerima tanda dengan mudah memahami apa yang hendak dipesankan oleh pengirim.
Ini diluncurkan pada tahun 2012 oleh perusahaan Inggris Sparkol. Pada bulan April 2014, lebih dari 250.000 pengguna di 135 negara di seluruh dunia. VideoScribe dikembangkan dalam Adobe Flash dan menghasilkan film QuickTime dan video Flash. File video dapat diekspor ke video Quicktime, video Flash atau urutan gambar (JPEG atau PNG). 


Jenis dan Karakteristik VideoScribe
Videoscrabe memiliki dua jenis dan dua versi. Jenis pertama online, dan jenis selanjutnya offline. Sedang Versi pertama adalah versi trial, yaitu pengguna dapat menggunakan software ini secara gratis selama kurun waktu 30 hari. Setelah berakhir maka pengguna diharuskan untuk beralih ke versi pro.

Jika dalam versi trial pengguna dapat menggunakan software videoscribe secara gratis, maka di versi pro pengguna harus membayar atau membeli software yang jika merujuk di situs jual beli online tokopedia seharga Rp. 75.000,- (per tanggal 5 Mei 2017). Sebagai media pembelajaran, maka videoscribe juga memiliki karakteristiknya sendiri. Berdasarkan taksonomi media pembelajaran yang dibuat oleh R. Gagne, (1965) maka videoscribe dapat dimasukkan ke dalam jenis media pembelajaran mechine of learning (mesin pembelajaran).

Hal tersebut cukup beralasan karena videoscribe merupakan media pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman secara langsung melalui komputer dan internet serta dapat pula menggabungkan beberapa unsur media seperti teks, audio, maupun animasi.


Kegunaan, Kelebihan, dan kekurangan VideoScribe
Kegunaan dari software ini adalah sebagai berikut:
1.Videoscribe dapat digunakan sebagai sarana promosi.(Promotion of public)
2.Videoscribe dapat digunakan untuk kegiatan bisnis online. (like marketing
   bussines)
3.Videoscribe dapat digunakan sebagai sarana pengantar pembelajaran bagi guru;dosen; atau
   media pembelajaran lainnya.
4.Videoscribe dapat digunakan untuk peresentasi segala keperluan, misalnya 
   seperti iklan TV.

Kelebihan Videoscribe dilihat dari karakteristiknya sebagai media pembelajaran berbasis audio visual sekaligus sebagai mesin pembelajaran adalah:
Mampu menggabungkan beberapa unsur media seperti teks, audio, maupun gambar dalam satu media secara online; Mampu memberikan stimulus yang baik kepada siswa; Mampu memusatkan perhatian siswa pada saat kegiatan belajar mengajar sehingga pesan dapat tersampaikan dengan lebih efektif.

Namun, di samping kelebihan yang dimiliki oleh Videoscribe tersebut, media pembelajaran ini memiliki beberapa kelemahan yang diantaranya: Tidak bisa digunakan secara full offline, sehingga apabila ingin menggunakan Videoscribe harus terkoneksi pada internet. Sehingga dapat menimbulkan kesan penggunaannya yang tidak murah; Sebagai media pembelajaran berbasis mesin pembelajaran maka videoscribe merupakan pengalih kemampuan yang terbatas. 


Cara Menggunakan Sparkol Videoscribe
Setelah saya menjelaskan pengertian dan kegunaan Videosribe, selanjutnya saya akan menjelaskan langkah-langkah bagaimana cara mengoperasikan atau menggunakan Videosribe tersebut.
1.   Pertama, Buka terlebih dahulu aplikasi sparkol
2.   lakukan login dengan email anda, dan pastikan email anda aktif kemudian klik start scribing yang terletak disebelah kiri bawah.
3.   Setelah berhasil masuk, maka akan muncul bagan kerja awal dari lembar kerja aktif sparkol. Kemudian, untuk menghilangkan tulisan yang ada pada lembar kerja tersebut, cukup lakukan klik secara sembarang, maka tulisan itu akan hilang dengan sendirinya.
4.   Didalam sparkol terdapat beberapa menu, dimana masing-masing dari menu tersebut memiliki fungsi tersendiri. Yang pertama, ada menu yang mirip dengan gambar pensil yang terletak di pojok kiri atas, didalam menu tersebut berisi sub menu didalamnya antara lain Favotite, Computer, Library, Dropbox, dan wrb URL. Menu bergambar pensil ini digunakan untuk menambahkan gambar yang sudah ada di komputer anda untuk dimasukan kedalam project anda.
5.   Selanjutnya disebelah menu bergambar pensil, terdapat menu yang menyerupai huruf T besar. Menu tersebut digunakan untuk menginput kata atau teks yang ingin kita masukan. Atau bisa dibilang itu adalah lembar kerja dari sparkol itu sendiri.
6.   Setelah itu terdapat menu yang menyerupai gambar nada. Menu tersebut digunakan untuk memasukan musik yang ingin anda gunakan. Namun perlu diketahui bahwa sparkol sendiri juga memiliki musik original yang cukup mumpuni untuk anda gunakan didalam project anda.
7.   Selain itu ada juga menu recorder, dimana menu tersebut digunakan untuk menginput rekaman atau musik suara rekaman untuk dimasukan ke dalam project yang akan kita buat.
8.   Dan yang terakhir ada Menu Setting (Pengaturan). Didalam menu ini terdapat fitur-fitur yang cukup mendukung untuk kerja kita. Jadi, fungsi dari menu ini ialah untuk mengganti animasi tangan bergerak dan juga paper atau lembar kerja kita.
9.   Apabila kita ingin menyimpan sebuah video yang telah kita buat, cukup lakukan klik Create and Share this Video pada bagian kanan atas jendela kerja sparkol.

Contoh VideoScribe



Sumber
http://zakiiaydia.com/apa-itu-videoscribe/
http://www.kampusdunia.com
http://youtube.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINJAUAN PUSTAKA MULTIMEDIA

PENGERTIAN, SEJARAH, DAN JENIS-JENIS BARCODE

MEMBUAT MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 8