MEMBUAT MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 8



Multimedia bisa digunakan sebagai media pendidikan yang dapat diandalkan. Multimedia mampu merangkum berbagai media, seperti teks, suara, gambar, grafik, dan animasi dalam satu sajian digital. Multimedia juga memiliki akses interaktif dengan pengguna. Keberadaan multimedia dalam pendidikan telah menunjukkan suatu perkembangan baru yang diharapkan mampu membantu dunia pendidikan menjadi lebih bermakna melalui pembelajaran. Teknologi multimedia membantu menyediakan cara yang unik untuk para peserta didik agar lebih aktif dalam pembelajaran, dan menjelaskan konten rekayasa dengan cara yang berbeda dari metode tradisional. Menurut Munir (2005:128) multimedia interaktif adalah suatu tampilan multimedia yang dirancang oleh desainer agar tampilannya memenuhi fungsi menginformasikan pesan dan memiliki interaktifitas kepada penggunanya (user).
Multimedia interaktif menyangkut software dan hardware yang dapat digunakan sebagai pelantara untuk menyampaikan isi materi. Salah satu software yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah iSpring Suite 8. Dalam iSpring Suite 8 yang digunakan dalam pembelajaran, guru dapat mengintegrasikan beberapa aspek yang diperlukan dalam suatu pembelajaran, misalnya materi, visual atau gambar, suara, animasi, quiz dan video dalam satu file. Berikut adalah langkah-langkah membuat multimedia interaktif (MMI) dengan menggunakan iSpring Suite 8:
1.        Pastikan software iSpring Suite 8 telah diinstalkan dan sudah tidak ada tanda kunci di iSpring Suite 8 yang terdapat dalam power point, jika masih terdapat tanda kunci, maka pengguna dapat mencopy file crack di iSpring Suite 8, dan menempelkan file crack  tersebut dalam program file di Local Disk C pada bagian iSpring Suite 8. Jika sudah terinstal dengan benar, maka akan diperoleh tampilan seperti berikut:

2.        Persiapkan file yang telah dibuat di power point. File tersebut dapat terdiri dari identitas pembelajaran, identitas pembuat file pembelajaran (identitas guru) beserta foto diri atau foto yang lainnya, materi pembelajaran, video, quiz dan penutup pembelajaran. Selain itu dalam setiap slide juga dapat diselipkan record video. Record video untuk menambahkan file berupa video dimana guru dapat menjelaskan tata cara di setiap slide atau hal utama yang terdapat pada slide yang dimaksudkan. Misalnya file seperti berikut:

3.        Jika akan membuat quiz menggunakan iSpring Suite 8, maka yang harus dilakukan setelah langkah kedua diatas adalah mengklik iSpring Suite 8-kemudian klik Quiz, dan akan muncul tampilan seperti berikut:

Kemudian pilih graded quiz. Setelah itu pilih bentuk quiz yang  diinginkan di bagian graded question. Pada bagian ini terdapat beberapa pilihan seperti tampak pada gambar berikut. Silahkan pilih sesuai dengan bentuk quiz yang diinginkan. 
Misalnya saya akan memilih multiple choice, maka tampilan akan berubah menjadi seperti berikut:

Pada bagian multiple choice question, silahkan ketikan soal yang akan diujikan kepada peserta didik. Pada bagian Answer, di setiap alternatif pilihan, tinggal diganti dengan jawaban benar dan jawaban salah, jika opsi dalam answer kurang, maka tinggal di klik + di sisi sebelah kanan pada bagian answer.
Pada bagian answer, jawaban yang benar di klik. Jika soal yang diberikan lebih dari satu soal, maka klik duplicate di bagian atas dan secara otomatis soal 1 akan menjadi dua (sesuai dengan berapa kali anda menduplikat soal 1).
anda tinggal melakukan edit pada soal 2 dan soal-soal seterusnya, sampai soal yang anda inginkan selesai, lakukan langkah tersebut berulang. Jika Anda sudah selesai memasukan semua soal, maka langkah selanjutnya adalah klik save and return to course.
Maka tampilan dalam file power point yang anda buat akan menjadi seperti berikut.

4.        Setelah langkah 1 sampai langkah 3 sudah berhasil anda lakukan, dan pengguna ingin menambahkan file berupa video sedang berbicara atau melakukan penerangan tentang slide pada power point, maka di iSpring Suite 8 tinggal diklik record video.
Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut:

 Pengguna harus mempersiapkan diri dari mulai penampilan, alat bantu untuk membuat suara lebih jernih (misalnya microphone). Anda tinggal mengklik start record dan memulai bicara, setelah selesai bicara tinggal klik stop. Kemudian klik Ok. Secara otomatis tampilan record video akan hilang. Lakukan cara yang sama jika pengguna ingin di setiap slide terdapat record video
5.        Setelah memastikan semua hal yang penguna inginkan sudah ada dalam file yang buat, mulai dari identitas mata pelajaran, identitas dan foto diri, materi, file video pembelajaran, dan quiz. Langkah selanjutnya adalah klik Publish di iSpring Suite 8.

Kemudian pada tampilan berikutnya klik CD.  
Pada bagian presentation title pastikan nama file yang akan dibuat telah benar.
Pada bagian Local Folder adalah lokasi tempat menyimpan file output dari iSpring Suite 8
Pada bagian Costumize harus pada pilihan Universal (Full).
Pada bagian Output Options harus pada posisi Executable (EXE).
Setelah semuanya sesuai, klik Advanced, klik background, kemudian pilih warna yang anda inginkan

6.        Jika langkah keenam sudah dilakukan kemudian klik Publish di bagian kanan bawah, dan akan muncul tampilan seperti berikut:

Anda tinggal menunggu proses berakhir.
7.        Cari file iSpring Suite 8 yang berbentuk folder, maka akan diperoleh tampilan seperti berikut:

8.        Pada tampilan nomor 7 kemudian klik movie, dan Multimedia Interaktif (MMI) dengan menggunakan iSpring Suite 8 telah selesai dibuat dan siap digunakan.

DAFTAR PUSTAKA
Darmawan, Deni. (2014). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Darmawan, Deni. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Febrian, Jack dan Farida Andayani. (2002). Kamus Komputer dan Istilah Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.
Munir. (2005). Multimedia: Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Dewi, Anggia. (2015). Implementasi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ekonomi Di Sekolah. : Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro ISSN: 2337-4721 Vol 3. No.2 (18 Maret 2018)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINJAUAN PUSTAKA MULTIMEDIA

PENGERTIAN, SEJARAH, DAN JENIS-JENIS BARCODE