PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MENGGUNAKAN SKYPE
Dengan adanya pergeseran zaman menjadi
sangat berkembang, makna kegiatan pembelajaran juga berkembang luas yaitu suatu
kegiatan pembelajaran juga dapat berlangsung di luar kelas. Selain itu jika
guru atau pemberi materi mempunyai halangan untuk langsung memberikan pelajaran
yaitu bertatap muka dengan siswa, maka guru atau pemberi materi dapat
menggunakan salah satu aplikasi untuk pembelajaran jarak jauh yang akan
dilakukan, dengan syarat guru dan siswa mempunyai koneksi internet yang stabil,
tersedianya alat (misalnya laptop dan speaker), serta ruang kelas yang
terkondisikan dan kondusif.
Menurut Dogmen dalam Munir (2009)
menjelaskan bahwa: ‘Pembelajaran jarak jauh adalah suatu
bentuk pembembelajaran mandiri yang terorganisasi secara sistematis yang
dilakukan oleh sekelompok tenaga pengajar yang memiliki tanggung jawab yang
berbeda. Tanggung jawab pengajar-pengajar tersebut meliputi kegiatan konseling,
penyajian materi, pembelajaran, supervisi dan pemantauan terhadap keberhasilan
siswa’.
Aplikasi Skype adalah
sebuah aplikasi yang dapat di unduh atau di download di play
store. Secara umum Skype sangat berguna untuk
berkomunikasi jarak jauh, misalnya aplikasi Skype sering
dipergunakan oleh wartawan yang akan menyiarkan berita langsung ketika
melakukan liputan di luar negeri atau di luar daerah. Beberapa fitur yang dapat
digunakan di aplikasi Skype adalah telpon dan pesan.
Langkah pertama yang dapat anda lakukan
adalah mengunduh aplikasi Skype di play store kemudian,
pengguna dan penerima juga harus memiliki aplikasi ini dan sudah terinstal di
masing-masing laptop yang akan digunakan. Pastikan laptop terpasangan
dengan speaker, hal yang paling utama adalah koneksi internet harus
stabil dan diusahakan tidak terdapat gangguan ketika sedang menggunakan Skype.
Ketika perkuliahan pada tanggal 6 Juli
2018 berlangsung, sistem pembelajaran dibuat menjadi pembelajaran jarak jauh (distance
learning), ketika itu kelompok yang tampil untuk presentasi adalah kelompok
4 masing-masing dari kelas A dan kelas B, dengan kelompok 4 dari kelas B tampil
terlebih dahulu. Pada tahap persiapan akan tampil kelompok 4 dari kelas B, 30
menit sebelum pembelajaran seluruh anggota kelompok 4 kelas B sudah hadir di
ruangan 1 sementara kami yang tidak persentasi berada di ruangan 2. Ketika itu
para anggota kelas B mengkondisikan kelas di ruang 2 siap dipakai untuk
pembelajaran. Sekitar satu jam kemudian kelas B memulai pembelajaran dan
penyajian materi.
Ketika pembelajaran sedang berlangsung,
secara keseluruhan kelompok 4 kelas B terlihat menguasai materi dan materi yang
disajikan tersebut dapat dipahami, bahasanya jelas dan proporsional karena
tidak terlalu banyak materi yang terdapat dalam satu slide yang
digunakan oleh pemberi materi.
Hal yang kurang ketika itu adalah
pembicara dari kelompok 4 kelas B bertanya apa saja bagian dari tumbuhan, tapi
materi atau jawaban tersebut telah ditampilkan sehingga di ruangan 2 bisa
menjawab pertanyaan dari pembicara tersebut. Seharusnya ketika di bagian awal presentasi,
materi tidak ditayangkan terlebih dahulu sehingga dapat membuat peserta di
ruangan 2 berpikir untuk menjawab pertanyaan yang dikemukakan oleh pembicara.
Kemudian hal kedua yang dianggap kurang menurut saya adalah anggota kelompok 4
yang lainnya terlihat hanya duduk di belakang, mengobrol dan bermain hp dengan
sesekali memperhatikan pembicara (perwakilan dari kelompok 4 kelas B) yang
sedang memberikan materi melalui Skype.
Adapun kekurangan yang mendasar adalah
koneksi internet yang tidak stabil menyebabkan beberapa kali pembicaraan delay yang
akibatnya peserta di ruangan 2 ketika itu mengobrol karena koneksi internet
yang tidak stabil. Selanjutnya adalah posisi laptop yang ditempatkan hanya
menjangkau peserta yang duduk di kolom pertama dan kolom kedua, sementara
peserta yang duduk di kolom ketiga dan kolom ke empat tidak masuk ke dalam
tampilan Skype sehingga pembelajaran kurang efektif karena
peserta di ruangan 2 yang duduk di kolom ketiga dan keempat dapat melakukan
diskusi dalam diskusi.
Saran yang dapat disampaikan adalah jika
ingin menggunakan aplikasi Skype ini maka kedua pihak harus
mempunyai jaringan internet yang sangat stabil, kemudian penempatan laptop
harus di posisi strategis supaya semua peserta dapat terlihat di tampilan
ketika sedang menggunakan aplikasi Skype supaya pembicara
dapat menegur jika ada peserta yang melakukan hal-hal diluar diskusi atau
pembelajaran yang sedang dilakukan.
Daftar Pustaka:
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung:
Alfabeta.
Komentar
Posting Komentar