PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MENGGUNAKAN SKYPE



Dengan adanya pergeseran zaman menjadi sangat berkembang, makna kegiatan pembelajaran juga berkembang luas yaitu suatu kegiatan pembelajaran juga dapat berlangsung di luar kelas. Selain itu jika guru atau pemberi materi mempunyai halangan untuk langsung memberikan pelajaran yaitu bertatap muka dengan siswa, maka guru atau pemberi materi dapat menggunakan salah satu aplikasi untuk pembelajaran jarak jauh yang akan dilakukan, dengan syarat guru dan siswa mempunyai koneksi internet yang stabil, tersedianya alat (misalnya laptop dan speaker), serta ruang kelas yang terkondisikan dan kondusif.
Menurut Dogmen dalam Munir (2009) menjelaskan bahwa: ‘Pembelajaran jarak jauh adalah suatu bentuk pembembelajaran mandiri yang terorganisasi secara sistematis yang dilakukan oleh sekelompok tenaga pengajar yang memiliki tanggung jawab yang berbeda. Tanggung jawab pengajar-pengajar tersebut meliputi kegiatan konseling, penyajian materi, pembelajaran, supervisi dan pemantauan terhadap keberhasilan siswa’.
Aplikasi Skype adalah sebuah aplikasi yang dapat di unduh atau di download di play store. Secara umum Skype sangat berguna untuk berkomunikasi jarak jauh, misalnya aplikasi Skype sering dipergunakan oleh wartawan yang akan menyiarkan berita langsung ketika melakukan liputan di luar negeri atau di luar daerah. Beberapa fitur yang dapat digunakan di aplikasi Skype adalah telpon dan pesan.
Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Skype di play store kemudian, pengguna dan penerima juga harus memiliki aplikasi ini dan sudah terinstal di masing-masing laptop yang akan digunakan. Pastikan laptop terpasangan dengan speaker, hal yang paling utama adalah koneksi internet harus stabil dan diusahakan tidak terdapat gangguan ketika sedang menggunakan Skype.
Ketika perkuliahan pada tanggal 6 Juli 2018 berlangsung, sistem pembelajaran dibuat menjadi pembelajaran jarak jauh (distance learning), ketika itu kelompok yang tampil untuk presentasi adalah kelompok 4 masing-masing dari kelas A dan kelas B, dengan kelompok 4 dari kelas B tampil terlebih dahulu. Pada tahap persiapan akan tampil kelompok 4 dari kelas B, 30 menit sebelum pembelajaran seluruh anggota kelompok 4 kelas B sudah hadir di ruangan 1 sementara kami yang tidak persentasi berada di ruangan 2. Ketika itu para anggota kelas B mengkondisikan kelas di ruang 2 siap dipakai untuk pembelajaran. Sekitar satu jam kemudian kelas B memulai pembelajaran dan penyajian materi.
Ketika pembelajaran sedang berlangsung, secara keseluruhan kelompok 4 kelas B terlihat menguasai materi dan materi yang disajikan tersebut dapat dipahami, bahasanya jelas dan proporsional karena tidak terlalu banyak materi yang terdapat dalam satu slide yang digunakan oleh pemberi materi.
Hal yang kurang ketika itu adalah pembicara dari kelompok 4 kelas B bertanya apa saja bagian dari tumbuhan, tapi materi atau jawaban tersebut telah ditampilkan sehingga di ruangan 2 bisa menjawab pertanyaan dari pembicara tersebut. Seharusnya ketika di bagian awal presentasi, materi tidak ditayangkan terlebih dahulu sehingga dapat membuat peserta di ruangan 2 berpikir untuk menjawab pertanyaan yang dikemukakan oleh pembicara. Kemudian hal kedua yang dianggap kurang menurut saya adalah anggota kelompok 4 yang lainnya terlihat hanya duduk di belakang, mengobrol dan bermain hp dengan sesekali memperhatikan pembicara (perwakilan dari kelompok 4 kelas B) yang sedang memberikan materi melalui Skype.
Adapun kekurangan yang mendasar adalah koneksi internet yang tidak stabil menyebabkan beberapa kali pembicaraan delay yang akibatnya peserta di ruangan 2 ketika itu mengobrol karena koneksi internet yang tidak stabil. Selanjutnya adalah posisi laptop yang ditempatkan hanya menjangkau peserta yang duduk di kolom pertama dan kolom kedua, sementara peserta yang duduk di kolom ketiga dan kolom ke empat tidak masuk ke dalam tampilan Skype sehingga pembelajaran kurang efektif karena peserta di ruangan 2 yang duduk di kolom ketiga dan keempat dapat melakukan diskusi dalam diskusi.
Saran yang dapat disampaikan adalah jika ingin menggunakan aplikasi Skype ini maka kedua pihak harus mempunyai jaringan internet yang sangat stabil, kemudian penempatan laptop harus di posisi strategis supaya semua peserta dapat terlihat di tampilan ketika sedang menggunakan aplikasi Skype supaya pembicara dapat menegur jika ada peserta yang melakukan hal-hal diluar diskusi atau pembelajaran yang sedang dilakukan.

Daftar Pustaka:
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINJAUAN PUSTAKA MULTIMEDIA

PENGERTIAN, SEJARAH, DAN JENIS-JENIS BARCODE

MEMBUAT MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 8