TINJAUAN PUSTAKA INTERNET


TINJAUAN PUSTAKA

A.      Internet
Dalam kamus komputer dan istilah teknologi informasi, Internet (Interconnection Networking) diartikan sebagai jaringan komputer berskala internasional yang dapat membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi (Jack Febrian, Farida Andayani, 2002:231). Menurut Munir (2015:193) Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya di seluruh dunia. Dengan internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berbagi dan memperoleh informasi. Dalam buku yang sama, Munir (2015: 204) berpendapat bahwa internet adalah sebuah jaringan besar yang terdiri dari berbagai jaringan yang meliputi jaringan bersifat pendidikan dan riset serta menghubungkan jutaan komputer di dalam jaringan-jaringan tersebut.
Hal senada dikemukan oleh Triastuti (2009:7) menurutnya internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya di seluruh dunia dengan menggunakan protocol Standar TCP (Transmission Control Protocol) / IP (Internet Protocol). Lain halnya menurut Sutisna (2007:9) Internet diartikan sebagai perumahan komputer yang mulai dibangun sekitar 30 tahun yang lalu di Amerika Serikat. Dengan mengakses internet, pada prinsipnya kita sedang menjelajahi komputer-komputer. Sedangkan menurut Situmorang (2012:74) Internet sebagai new media pada prinsipnya dapat dimanfaatkan oleh siapapun dan untuk kepentingan apapun, internet telah menyatukan dunia seakan-akan dunia tidak mempunyai batas lagi.
Selanjutnya, Munir (2015:193) menyatakan bahwa:
Internet memberikan peluang untuk:
a.       meningkatkan akses terhadap informasi,
b.      mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan informasi,
c.       mengkomunikasikan gagasan dan informasi,
d.      merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan,
e.       bekerja sama dengan orang lain,
f.       memecahkan berbagai masalah, dan
g.      memupuk mengembangkan pengertian kultural.

B.       Karakteristik dan Kegunaan Internet
Internet mempunyai manfaat yang sangat besar, pengguna internet bisa mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan secara cepat dan lebih mudah.  Menurut Triastuti (2009:8) internet bisa digunakan untuk tujuan komersial yang sangat menguntungkan. Berbagai transaksi bisa dilakukan melalui internet, sehingga bisa menghemat biaya dan menghemat waktu. Munir (2015:194) menyatakan bahwa:
 Internet memiliki karakteristik dan fungsi yang jelas sebagai berikut:
1.    Sebuah jaringan, menghubungkan berbagai individu dan organisasi
2.   Sebuah pasar, menawarkan pasar yang terbuka dan sangat luas dengan banyak pelanggan potensial
3.    Sebuah tempat transaksi, memungkinkan orang dan bisnis untuk menyelesaikan transaksi on line financial
4. Sebuah tempat pengembangan aplikasi, memungkinkan pengembang piranti lunak untuk menggunakannya sebagai dasar untuk mengembangkan banyak aplikasi.

Manfaat menggunakan internet menurut Sutisna (2007:29):
1.   Referensi tulisan. Melalui internet, pengguna bisa mengkoleksi tulisan dari berbagai bidang keilmuan. Tulisan tersebut berupa berita, makalah, skripsi, disertasi, atau buku lengkap yang bisa diperoleh secara gratis.
2.        Basis data. Banyak jenis data yang disediakan oleh internet, mulai dari katalog buku, arsip surat  kabar dunia, daftar perguruan tinggi di dunia, dan lain-lain.
3.    Gambar atau citra. Mengoleksi foto-foto di bulan atau di angkasa luar bukan hal yang sulit dengan adanya internet. Terdapat jutaan gambar di internet yang bisa kita dapatkan secara cuma-cuma.
4.        Program komputer. Ingin mempunyai program kamus bahasa Inggris lengkap, tinggal download. Masih banyak program lainnya yang bermanfaat.
5.        Data suara. Berbagai jenis lagu dari negara lain bisa didapatkan di internet.
6.        Data video. Dari internet pengguna bisa menonton film dan video bahkan mengambilnya secara cuma-cuma.

C.      Jaringan Internet
Ada banyak sekali layanan internet, mulai dari layanan internet berbasis kabel ataupun nirkabel. Menurut Waloeya (2012:45) jaringan internet terdiri dari:
1.        Jaringan Internet Berkabel
a.    Dial Up
Dial Up menggunakan kabel telepon yang ada didalam rumah. Pertama-tama, komputer melalui modem akan melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke penyelenggara jasa internet. Setelah terhubung, komputer dapat segera mengakses internet, kemudian dapat mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
Untuk melakukan dial up connection, dibutuhkan perangkat-perangkat sebagai berikut:
·      Perangkat keras (hardware): komputer, modem, dan saluran telepon
·      Perangkat lunak (software): pada umumnya disediakan ISP (Internet Service Provider) langganan
·      Username (login) dan Password: disediakan oleh ISP langganan. Login tidak dapat diganti, sedangkan untuk password, dapat diganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.
Yang perlu dilakukan untuk koneksi dial up adalah:
·      Berlangganan ke salah satu ISP terdekat
·      Memasang modem ke komputer
·      Menginstal sotfware internet yang disediakan oleh ISP
·      Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP
b.      ADSL
Jenis koneksi ini juga menggunakan saluran telepon. Bedanya dengan dial up adalah saluran telepon masih tetap bisa digunakan, walaupun koneksi internet sedang berjalan. Cara menggunakan ADSL adalah pertama-tama harus memiliki perangkat ADSL, memeriksa keberadaan nomor telepon rumah di ISP langganan. Selanjutnya memasangkan ADSL pada sambungan telepon dengan menggunakan sebuah alat yang disebut Splitter atau pembagi line, sehingga akan tetap dapat menggunakan internet dan menjawab telepon secara bersamaan.
c.       Cable
Jenis koneksi ini menggunakan layanan kabel TV maka selain mendapatkan koneksi internet, juga bisa menikmati layanan program TV berbayar. Keuntungan memakai saluran ini adalah tidak mengganggu saluran telepon karena menggunakan kabel tersendiri dan koneksi internet selalu tersambung setiap saat. Sedangkan kerugiannya adalah wilayah jangkauan koneksi cable sangat terbatas dan menggunakan modem khusus yang harganya cukup mahal.
2.        Jaringan Internet Nonkabel
a.       Hotspot
Jaringan hotspot merupakan jaringan wireless LAN yang khusus disediakan ditempat-tempat umum. Kelebihan jaringan ini adalah biaya cukup murah. Kelemahannya koneksi tergantung cuaca dan kurang stabil jika digunakan di ruangan tertutup. Ada beberapa jenis hotspot yang bisa digunakan, yaitu:
·      Hotspot gratis
·      Hotspot yang dibayar langsung ke pemilik gedung
·      Hotspot berbayar ke operator wi-fi hotspot
b.      GSM
Teknologi yang digunakan adalah 3G/UMTS/HSDPA. Modem GSM menawarkan kecepatan dari 3,6 Mbps samapi 7,2 Mbps. Kecepatan tergantung pada kualitas sinyal. Keuntungan modem GSM , providernya bisa diganti sesuai keinginan sehingga pengguna bisa lebih fleksibel dalam memilih provider, serta sinyal GSM mudah didapat dimana-mana.
c.       CDMA
CDMA menggunakan teknologi WCDMA (Wideband CDMA). Menggunakan spektrum pita lebar untuk transmisi data dan memanfaatkan kode sebagai pembeda masing-masing link komunikasi. Komunikasi jenis ini memerlukan energi yang besar sehingga modem lebih cepat panas akibat konsumsi energi yang tinggi. Namun, perangkat tersebut sudah dirancang sedemikian rupa sehingga panas yang ditimbulkan tidak akan merusak perangkat. Kekurangan modem CDMA terletak pada jangkauan area.

D.      Fasilitas-fasilitas Internet
Internet menyediakan berbagai fasilitas penting yang dapat digunakan.  Fasilitas-fasilitas internet yang didapatkan oleh pengguna menurut Munir (2015:195) adalah sebagai berikut:
1.    Surat elektronik atau dikenal dengan sebutan e-mail.
2.    Penyelusuran World Wide Web (WWW) dengan sebuah browser, seperti google chrome, mozilla firefox atau internet explorer.
3.    Berpartisipasi dalam sebuah Usenet newsgroup atau sebuah diskusi secara online.
4.    Mentransfer file
5.    Browsing dengan menggunakan search engine untuk menemukan file yang dibutuhkan.
6.    Penyelusuran sebuah direktori file
7.    Penyelusuran WAIS (Wide Area Information Service) atau Layanan Informasi Wilayah Luas.

Menurut Sutisna (2007:13) fasilitas yang disediakan oleh internet diantaranya: 1) berkirim surat tanpa perangko, 2) forum diskusi sejagad, 3) ngobrol online, 4) konfrensi online, 5) membuka komputer jarak jauh, 6) informasi tercepat dan terlengkap.
Sedangkan menurut Triastuti (2009:27) fasilitas atau penggunaan internet meliputi:
1.        Browsing
Berasal dari kata browse yang berarti melihat-lihat atau membaca-baca, atau menjelajah. Pengguna bisa melihat atau mencari data yang diinginkan dengan menggunakan web browser.
2.        Email
Email adalah surat elektronik yang bisa langsung diterima orang lain setelah dikirim. Untuk bisa mengirim email, lebih dahulu harus mempunyai lamat email, dengan cara registrasi atau mendaftar telebih dahulu.
3.        Chatting
Pengguna dapat mengobrol melalui internet dengan cara saling balas pesan secara cepat dengan cara mengetikan kalimat-kalimat pada chat box. Hal itu sering disebut dengan chatting. Untuk bisa melakukannya harus menginstal softwarenya terlebih dahulu pada komputer.
4.        Situs Pertemanan
Situs ini berguna untuk menambah teman di berbagai daerah di dunia.
5.        Forum Online
Forum online yaitu sebuah forum terbuka bagi siapa saja yang ingin mengikutinya dengan syarat sudah menjadi anggota milis tersebut. Forum ini diselenggarakan melalui media internet maka disebut forum online.
6.        Pembelian Online
Pembelian online atau berbelanja online atau melalui internet. Transaksi yang dilakukan cukup sederhana dan pembayaran dapat dilakukan melalui transfer via bank.
7.        Membuat Blog
Blog atau weblog merupakan salah satu bentuk webside yang berisi tulisan-tulisan hasil postingan yang dapat diakses oleh orang lain.

E.       Program Pembelajaran Melalui Internet
Teknologi internet terus mengalami perkembangan dan sudah memasuki berbagai aspek kehidupan manusia. Mulai dari bentuk pemanfaatan internet yang paling sederhana misalnya penggunaan e-mail untuk kepentingan berkomunikasi, penggalian berbagai informasi yang dibutuhkan, sampai dengan yang relatif agak kompleks, seperti perancangan dan pengembangan homepage atau penggunaan internet untuk berbagai keperluan lainnya. Internet pada umumnya banyak digunakan sebagai media komunikasi, namun, perkembangan berikutnya adalah bahwa internet juga ternyata sangat potensial untuk dimanfaatkan bagi kepentingan pendidikan dan pembelajaran.
Menurut Munir (2015:208) ada beberapa persyaratan bagi para peserta didik yang mengikuti program pembelajaran internet yaitu para peserta didik haruslah: (1) bermotivasi tinggi untuk berhasil belajar secara mandiri, (2) tekun atau ulet dalam kegiatan belajarnya karena keberhasilan belajar adalah sepenuhnya tergantung pada diri peserta didik sendiri, (3) senang belajar, melakukan kajian, membaca dan bersifat mandiri, dan (4) dapat belajar secara luwes.
Selanjutnya, menurut Brown dalam Munir (2015:209) ada beberapa manfaat yang diperoleh dari penggunaan internet dalam pembelajaran, diantaranya adalah:
1.      Meningkatkan kompetensi belajar peserta didik.
2.      Meningkatkan keterampilan dan pengalaman mengajar dalam pengadaan materi pembelajaran.
3.      Mengatasi masalah-masalah keterbatasan tenaga.
4.      Meningkatkan efisiensi kerja.
Sedangkan Bates dalam Munir (2015:209) berpendapat bahwa: 4 keuntungan atau manfaat kegiatan pembelajaran melalui internet, yaitu:
1.        Dapat meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan pendidik atau pendidik (enhance interactivity).
2.        Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
3.        Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience).
4.        Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).
Ada tiga fungsi internet (sebagai media) dalam proses pembelajaran, yaitu sebagai (1) komplemen (pelengkap), (2) supplemen (tambahan), atau (3) substitusi (pengganti) terhadap pembelajaran di lembaga pedidikan (Munir, 2015:209)

DAFTAR PUSTAKA
Brilianto, Ricky. (2007). Panduan Praktis Internet Plus. Jakarta: Puspa Swara.
Febrian, Jack dan Farida Andayani. (2002). Kamus Komputer dan Istilah Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.
Jarot dan Sudarma. (2011). Cara Mudah Menguasai Internet dalam 5 Hari. Jakarta: PT. TrasMedia.
Jati Waloeya, Yohan. (2012). Computer Networking. Yogyakarta: ELCOM.
Munir. (2005). Multimedia: Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutisna, Dadan. (2007). Belajar Mudah Menggunakan Internet. Bandung: CV Citra Karya Utama Press.
Triastuti, Yuli. (2009). Jago Internet untuk Pemula. Jakarta: Cakrawala
Situmorang, James. (2012). Pemanfaatan Internet sebagai  New Media dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan, Sosial Budaya. Bandung: Jurnal Administrasi Bisnis ISSN:0216-1249 Vol.8 No.1 (24 Maret 2018)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINJAUAN PUSTAKA MULTIMEDIA

PENGERTIAN, SEJARAH, DAN JENIS-JENIS BARCODE

MEMBUAT MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 8