JAWABAN UTS TEKNOLOGI INFORMASI


NAMA         :  DESI SILVI LESTARI
NIM             : 17861009
KELAS        : A
NO ABSEN : 04
PROGRAM : TEKNOLOGI PENDIDIKAN IPI








JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER

MATA KULIAH : TEKNOLOGI INFORMASI

1.        Peranan dan manfaat Teknologi Informasi dalam meningkatkan kinerja Guru Akuntansi
Dikutip dalam buku teknologi pembelajaran Darmawan (2013) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu (1) Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keungan dan sebagainya.(2) Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). (3) Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy). dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer telah diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator.

Teknologi informasi yang merupakan bahan pokok dari e-learning itu sendiri berperan dalam menciptakan pelayanan yang cepat, akurat, teratur, akuntabel dan terpecaya.Dalam rangka mencapai tujuan tersebut maka ada beberapa factor yang mempengaruhi teknologi informasi yaitu: (1) Infrastruktur (2) Sumber Daya Manusia (3) Kebijakan (4) Finansial, dan (5) Konten dan Aplikasi. Maksud dari faktor diatas adalah agar teknologi informasi dapat berkembang dengan pesat, pertama dibutuhkan infrastruktur yang memungkinkan akses informasi di manapun dengan kecepatan yang mencukupi. Kedua, faktor SDM menuntut ketersediaan human brain yang menguasai teknologi tinggi. Ketiga, faktor kebijakan menuntut adanya kebijakan berskala makro dan mikro yang berpihak pada pengembangan teknologi informasi jangka panjang. Keempat, faktor finansial membutuhkan adanya sikap positif dari bank dan lembaga keuangan lain untuk menyokong industri teknologi informasi. Kelima, faktor konten dan aplikasi menuntut adanya informasi yang disampai pada orang, tempat, dan waktu yang tepat serta ketersediaan aplikasi untuk menyampaikan konten tersebut dengan nyaman pada penggunanya.
Peran teknologi informasi dalam membantu proses akuntansi dalam perusahaan/organisasi telah lama berlangsung. Alasan utama penggunaan IT dalam akuntansi ialah efisiensi, penghematan waktu dan biaya. Alasan lain termasuk peningkatan efektifitas, mencapai hasil/output laporan keuangan dengan benar. Alasan lainnya yaitu ditambah dengan perlindungan atas aset perusahaan. Peran IT dalam akuntansi sekarang semakin penting. Kemajuan pesat IT sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan aplikasi ilmu akuntansi. Munculnya istilah enterprise systems, e-business, business intelligence, conforming to assurance and compliance standards, IT governance, business continuity management, privacy management, business process improvement, mobile and remote computing, XBRL, dan knowledge management menunjukkan bahwa dunia akuntansi akan semakin kompleks, tidak hanya berkutat pada jurnal dan penyusunan laporan keuangan saja. Ini membuat dunia akuntansi lebih menarik! Peran akuntan dapat meliputi tiga bidang: perancang, pengguna dan pemeriksa (auditor). Dalam ketiga peran ini, IT akan sangat berperan dalam kesuksesan kerja akuntan. Bagi mahasiswa akuntansi di Indonesia, patut disadari bahwa kurikulum yang ada belum mendukung terciptanya seorang akuntan yang juga handal dibidang IT. Tentu yang saya maksud bukan handal secara teknis (walaupun ini juga baik sekali jika dapat disiapkan) tapi handal dalam artian paham dan mampu menggunakan IT dalam menunjang peran seorang akuntan. Tentu saja pengetahuan tentang IT bukan segalanya dalam konteks ilmu sistem informasi akuntansi. Diperlukan pemahaman lainnnya seperti database, pelaporan yang baik, pengendalian, business operation, pemrosesan transaksi, pengambilan keputusan manajemen, pengembangan dan penggunaan sistem, komunikasi, dan pemahaman prinsip akuntansi dan audit.
Secara singkat manfaat IT dalam Akuntansi adalah :
·           Menjadikan pekerjaan lebih mudah (makes job easier)
·           Bermanfaat (usefull)
·           Menambah produktifitas (Increase productivity)
·           Mempertinggi efektifitas (enchance effectiveness)
·           Mengembangkan kinerja pekerjaan (improve job performance)
Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan media teknologi pendidikan, yaitu dengan cara mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam belajar kemudian dicarikan pemecahannya melalui aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai. Upaya pemecahan permasalahan pendidikan terutama masalah yang berhubungan dengan kualitas pembelajaran, dapat ditempuh dengan cara penggunaan berbagai sumber belajar dan penggunaan media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu dalam meningkatkan kadar hasil belajar peserta didik. Teknologi informasi digunakan sebagai media untuk mempermudah pencarian informasi tersebut.
Meskipun memiliki banyak dampak positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman user akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunikasi dengan baik dan juga benar.
Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari teknologi informasi dan juga komunikasi:
a.         Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
b.        Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber
c.         Cyber Bullying
d.        Konten negative yang berkembang pesat
e.         Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas
f.         Menjauhkan yang dekat
g.        Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
h.        Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna (baca juga: bahaya kecanduan internet)
i.          Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang

2.        Komponen utama komputer terdiri atas Software, Hardware dan Brainware
Komponen utama komputer adalah komponen yang harus ada pada sebuah sistem komputer, karena apabila salah satu komponen tidak ada maka sistem komputerpun tidak akan berjalan dengan semestinya. Komponen utama pada sistem komputer meliputi Hardware, Software, Brainware


a.         Hardware atau perangkat keras adalah komponen yang dapat diraba dan dilihat yang membentuk suatu kesatuan. Terdiri dari:
1)        Bagian Input Pada bagian input, komponen-komponen komputer umum yang harus kita ketahui adalah:
a)    Keyboard
Keyboard berfungsi sebagai penginputan data dari luar dengan cara diketikkan pada keyboard. Keyboard biasanya menyerupai mesin ketik manual (untuk susunan peletakkan hurufnya). Saat ini dipasaran telah beredar keyboard dengan mengadopsi sitem wireless. Dan biasanya harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan keyboard biasa. Jenis-jenis keyboard di pasaran saat ini untuk informasi lebih detailnya adalah: Serial, PS/2, USB dan wireless.
b)   Mouse
Mouse berfungi untuk mengarahkan pointer pada layar monitor komputer. Dengan keberadaan mouse maka akan membuat kita akan semakin untuk mengatur posisi pointer sesuai dengan keinginan kita dengan cepat. Ciri-ciri sebuah mouse yang bagus adalah memiliki sensitifitas yang amat tinggi dan tidak memerlukan perawatan yang rumit (biasnya mouse optic dan wireless yang memiliki persyaratan ini, jangan menggunakan mouse manual yang harus rutin dibersihkan untuk menghilangkan debu).
c)    Floppy Disk Drive
Hardware yang menghubungkan disket dengan komputer. Jadi kita dapat melakukan pemindahan data dari komputer satu dengan komputer lain dengan menngunakan disket
d)   USB Flash Drive
USB Flash Drive atau sering disebut juga Flask Disk ini sangat praktis dan memiliki daya tamping yang sudah cukup besar.
e)    Piranti Optik
Berikut beberapa type optic komputer :
(1). CD ROM, adalah alat optic membaca inputan dari CD. Kekurangan dari alat ini adalah tidak dapat me-rewrite di CD (memasukkan data ke CD). (2). CD RW, adalah alat optic yang dapat berfungsi membaca dan me-rewrite file CD. Dengan alat ini maka Anda dapat membuat CD dengan memasukkan file ke dalamnya. (3). Optik DVD, adalah alat yang fungsinya hampir sama dengan CR ROM, bedanya jika CD ROM untuk CD maka Optik DVD untuk membaca DVD dan CD. (4). DVD RW (DVD COMBO), bisa digunakan untuk semua jenis aplikasi yang berhubungan dengan optic baik digunakan untuk CD maupun DVD.
2)        Piranti Proses
Pada bagian ini umumnya peralatan yang membuat kenapa komputer harganya mahal. Pada bagian pusat proses dinamakan CPU (Central Prosesing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (Output) ke peralatan Output. Beberapa peralatan penting yang ada dalam CPU antara lain adalah:
a.    Memory (RAM)
Ram adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai memori atau penyimpanan data sementara ketika kita menjalankan program komputer.
b.    Mainboard atau Motherboard, mungkin mainboard bisa di bilang sebagai badannya. Karena di mainboard banyak diletakkan komponen-komponen penting seperti processor (beserta kipasnya), RAM, VGA dll Motherboard memiliki beberapa fungsi penting yaitu untuk menentukan dan mengatur alat yg akan dipasangkan di komputer, selain itu juga komponen komputer dan menentukan kemampuan sistem. Motherboard memiliki komponen penting seperti soket, chipset sistem dan bermacam slot seperti slot prosesor, slot RAM, slot Ekspansi, dan juga port-port seperti port USB, mouse, keyboard, port untuk printer firewire, dsb.
c.    Prosesor, (AMD atau Intel), bisa dibilang inilah otaknya komputer dan terdiri dari jutaan transistor
d.   Kartu VGA, Sering disebut kartu video dan kartu grafis. Kartu Video ini berguna untuk mengolah tampilan (display) pada layar komputer kita. Kartu video sangatlah penting karena menentukan kualitas gambar. 2.5. Kartu Suara Kartu suara juga memegang peranan penting. Karena kartu ini berfungsi sebagai input dan output suara.
e.    Power Supply, Komputer baru sekarang ini membutuhkan daya yang lebih besar karena semakin tingginya pula keinginan untuk memasang beragam peripheral. Didalam sebuah power supply sudah terintegrasi setidaknya sebuah cooling atau kipas pendingin. Sekedar catatan jika memiliki komputer berprosesor super lebih baik menggunakan pendinginan lebih dengan menggunakan Heat Sink.
f.     Soundcard, Soundcard atau kartu suara berfungs sebagai input dan output suara. Pada bagian CPU sendiri terdiri dari:
1. Register berfungsi menyimpan data sementara yang akan diproses di ALU.
2. CU (Control Unit) berfungsi untuk melakukan pengendalian semua peralatan lainya
3. ALU (Arithmetic Logical Unit) berfungsi melakukan semua proses yang membutuhkan perhitungan matematika dan perbandingan secara logika
3)        Peralatan Output Untuk output pada dasarnya dibedakan atas:
·         Tampilan visual, dalam hal ini monitor memegang peranan yang amat penting. Dalam penampilan visual di monitor sangat dipengaruhi oleh kapasitas VGA.
·         Output berupa suara, yaitu speaker.
·         Output berupa cetakkan, untuk hal ini dapat berupa printer dan plotter. Ploter adalah peralatan keluaran yang digunakan untuk keperluan sistematis seperti mencetak atau menggambar berupa grafik, skematik, dan dapat membuat diagram lainya. Sedangkan printer adalah alat output untuk mencetak file yang biasanya file dokumen, seperti hasil ketikan di office microsoft word.

b.        Software atau perangkat lunak adalah program-program komputer yang berfungsi untuk menjalankan suatu pekerjaan dan program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
1)      Sistem operasi, Sistem operasi adalah software yang berfungsi mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehinga dapat saling berinteraksi. Tanpa sistem operasi, komputer tidak dapat berfungsi sama sekali. Contoh: DOS Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Mac OS, dll.
2)      Program utility , Program utility adalah software yang berfungsi untuk mengisi kekurangan dari sistem operasi. Contoh: Norton utility, Scandisk, PC Tools, dll.
3)      Program apllikasi, Program aplikasi adalah program yang hanya melakukan pekerjaan tertentu. Biasanya program aplikasi dibuat oleh seorang programmer sesuai permintaan dan kebutuhan seseorang atau lembaga atau perusahaan untuk keperluan intern.
4)      Program paket, Program paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Contoh: Microsoft Office, Adobe Photoshop, Macromedia Studio, Open Office, dll.
5)      Bahasa Pemrograman adalah software khusus yang digunakan untuk membuat program komputer, seperti sistem operasi, program paket, program aplikasi, dll. Bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga tingkat:
-       Low Level Language bahasa pemrograman ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin.
-       Middle Level Language bahasa pemrograman tingkat menengah ini instruksinya sudah mendakati bahasa sehari-hari, tapi masih sulit untuk dimengerti. Contoh: Assembler, ForTran.
-       High Level Language bahasa pemrograman tingkat tinggi menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Contoh: BASIC, Pascal, C, dll.

c.    Brainware adalah orang-orang yang menggunakan komputer. Seperti sistem analis, programmer, operator, user, dan lain-lain. Brainware merupakan pemakai atau pengguna komputer, dengan kata lain adalah orang yang mengoperasikan perangkat keras komputer melalui software yang ada di komputer tersebut. Secanggih apapun komputer, jika tidak ada pengguna yang mengoperasikan (barinware), maka keberadaan komputer tersebut sama saja sia-sia. Karena komputer tersebut tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dioperasikan oleh pemakainya.

3.        Peranan dan manfaat multimedia dalam meningkatkan kinerja guru
Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan ajar secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek seperti suara/audio, video, animasi, teks, dan grafik. Pendidikan sangat membutuhkan teknologi multimedia. Peserta didik dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Dalam aplikasi pembelajaran peserta didik dapat memilih materi atau subjek yang akan dipelajari. Di layar monitor akan muncul teks materi/subjek disertai gambar, suara, atau gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian peserta didik akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan lebih tinggi untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan media penyajiannya. Proses belajar mengajar biasanya hanya menggunakan alat bantu papan tulis, white board, buku-buku, diktat, dan lain-lain. Penggunaan alat bantu konvensional ini belum dapat mencapai tujuan secara optimal. Menurut Munir (2012:11) Untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran, diperlukan perangkat lunak aplikasi pendidikan dengan bantuan komputer berbasis multimedia yang lebih komunikatif dan interaktif. Hasil belajar peserta didik dapat disimpan dalam basisdata dan dapat diakses setiap saat bila diperlukan.
Beberapa model multimedia dalam konteks pembelajaran menurut Darmawan (2014:48) adalah sebagai berikut: “(a) media presentasi; (b) pembelajaran berbasis komputer (stand alone); (c) televisi video; (d) 3D dan animasi; (e) e-learning management system (lms) dan; (f) mobile learning”. Kesemua model ini dapat  membantu proses pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.


4.        Peranan dan manfaat internet dalam meningkatkan kinerja profesi guru:
Internet mempunyai manfaat yang sangat besar, pengguna internet bisa mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan secara cepat dan lebih mudah.  Menurut Triastuti (2009:8) internet bisa digunakan untuk tujuan komersial yang sangat menguntungkan. Berbagai transaksi bisa dilakukan melalui internet, sehingga bisa menghemat biaya dan menghemat waktu. Munir (2015:194) menyatakan bahwa:
 Internet memiliki karakteristik dan fungsi yang jelas sebagai berikut:
1.    Sebuah jaringan, menghubungkan berbagai individu dan organisasi
2.    Sebuah pasar, menawarkan pasar yang terbuka dan sangat luas dengan banyak pelanggan potensial
3.    Sebuah tempat transaksi, memungkinkan orang dan bisnis untuk menyelesaikan transaksi on line financial
4.    Sebuah tempat pengembangan aplikasi, memungkinkan pengembang piranti lunak untuk menggunakannya sebagai dasar untuk mengembangkan banyak aplikasi.

Manfaat menggunakan internet menurut Sutisna (2007:29):
1.        Referensi tulisan. Melalui internet, pengguna bisa mengkoleksi tulisan dari berbagai bidang keilmuan. Tulisan tersebut berupa berita, makalah, skripsi, disertasi, atau buku lengkap yang bisa diperoleh secara gratis.
2.        Basis data. Banyak jenis data yang disediakan oleh internet, mulai dari katalog buku, arsip surat  kabar dunia, daftar perguruan tinggi di dunia, dan lain-lain.
3.        Gambar atau citra. Mengoleksi foto-foto di bulan atau di angkasa luar bukan hal yang sulit dengan adanya internet. Terdapat jutaan gambar di internet yang bisa kita dapatkan secara cuma-cuma.
4.        Program komputer. Ingin mempunyai program kamus bahasa Inggris lengkap, tinggal download. Masih banyak program lainnya yang bermanfaat.
5.        Data suara. Berbagai jenis lagu dari negara lain bisa didapatkan di internet.
6.        Data video. Dari internet pengguna bisa menonton film dan video bahkan mengambilnya secara cuma-cuma.

DAFTAR PUSTAKA
Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munir. (2005). Multimedia: Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutisna, Dadan. (2007). Belajar Mudah Menggunakan Internet. Bandung: CV Citra Karya Utama Press.
Triastuti, Yuli. (2009). Jago Internet untuk Pemula. Jakarta: Cakrawala
https://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan-teknologi-informasi-dan-komunikasi
http://airmatakaisar.multiply.com/journal/item/57/KOMPONEN_UTAMA_KOMPUTER_hardware_software_brainware
http://hasiaulia.net/tag/komponen-komputer/
http://go-kerja.com/komponen-komputer/ Komponen Komputer




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINJAUAN PUSTAKA MULTIMEDIA

PENGERTIAN, SEJARAH, DAN JENIS-JENIS BARCODE

MEMBUAT MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 8