JAWABAN UTS TEKNOLOGI INFORMASI
NAMA : DESI SILVI LESTARI
NIM : 17861009
KELAS : A
NO ABSEN : 04
PROGRAM : TEKNOLOGI PENDIDIKAN IPI
JAWABAN
UJIAN TENGAH SEMESTER
MATA
KULIAH : TEKNOLOGI INFORMASI
1.
Peranan
dan manfaat Teknologi Informasi dalam meningkatkan kinerja Guru Akuntansi
Dikutip
dalam buku teknologi pembelajaran Darmawan (2013) Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan
pembelajaran, yaitu (1) Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini
TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu
pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur
grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan
staf, data kepegawaian, keungan dan sebagainya.(2) Teknologi berfungsi sebagai
ilmu pengetahuan (science). (3) Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat
bantu untuk pembelajaran (literacy). dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai
bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah
kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer telah diprogram
sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan
prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. dalam hal ini posisi
teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator,
motivator, transmiter, dan evaluator.
Teknologi
informasi yang merupakan bahan pokok dari e-learning itu sendiri berperan dalam
menciptakan pelayanan yang cepat, akurat, teratur, akuntabel dan terpecaya.Dalam rangka mencapai tujuan
tersebut maka ada beberapa factor yang mempengaruhi teknologi informasi yaitu: (1)
Infrastruktur (2) Sumber Daya Manusia (3) Kebijakan (4) Finansial, dan (5) Konten
dan Aplikasi. Maksud dari faktor diatas adalah agar teknologi informasi dapat
berkembang dengan pesat, pertama dibutuhkan infrastruktur yang memungkinkan
akses informasi di manapun dengan kecepatan yang mencukupi. Kedua, faktor SDM
menuntut ketersediaan human brain yang menguasai teknologi tinggi. Ketiga,
faktor kebijakan menuntut adanya kebijakan berskala makro dan mikro yang
berpihak pada pengembangan teknologi informasi jangka panjang. Keempat, faktor
finansial membutuhkan adanya sikap positif dari bank dan lembaga keuangan lain
untuk menyokong industri teknologi informasi. Kelima, faktor konten dan
aplikasi menuntut adanya informasi yang disampai pada orang, tempat, dan waktu
yang tepat serta ketersediaan aplikasi untuk menyampaikan konten tersebut
dengan nyaman pada penggunanya.
Peran teknologi informasi dalam membantu proses
akuntansi dalam perusahaan/organisasi telah lama berlangsung. Alasan utama
penggunaan IT dalam akuntansi ialah efisiensi, penghematan waktu dan biaya.
Alasan lain termasuk peningkatan efektifitas, mencapai hasil/output laporan
keuangan dengan benar. Alasan lainnya yaitu ditambah dengan perlindungan atas
aset perusahaan. Peran IT dalam akuntansi sekarang semakin penting. Kemajuan
pesat IT sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan aplikasi ilmu akuntansi.
Munculnya istilah enterprise systems, e-business, business intelligence,
conforming to assurance and compliance standards, IT governance, business
continuity management, privacy management, business process improvement, mobile
and remote computing, XBRL, dan knowledge management menunjukkan bahwa dunia akuntansi
akan semakin kompleks, tidak hanya berkutat pada jurnal dan penyusunan laporan
keuangan saja. Ini membuat dunia akuntansi lebih menarik! Peran akuntan dapat
meliputi tiga bidang: perancang, pengguna dan pemeriksa (auditor). Dalam ketiga
peran ini, IT akan sangat berperan dalam kesuksesan kerja akuntan. Bagi
mahasiswa akuntansi di Indonesia, patut disadari bahwa kurikulum yang ada belum
mendukung terciptanya seorang akuntan yang juga handal dibidang IT. Tentu yang
saya maksud bukan handal secara teknis (walaupun ini juga baik sekali jika
dapat disiapkan) tapi handal dalam artian paham dan mampu menggunakan IT dalam
menunjang peran seorang akuntan. Tentu saja pengetahuan tentang IT bukan
segalanya dalam konteks ilmu sistem informasi akuntansi. Diperlukan pemahaman
lainnnya seperti database, pelaporan yang baik, pengendalian, business
operation, pemrosesan transaksi, pengambilan keputusan manajemen, pengembangan
dan penggunaan sistem, komunikasi, dan pemahaman prinsip akuntansi dan audit.
Secara singkat manfaat IT dalam Akuntansi adalah :
·
Menjadikan pekerjaan lebih mudah (makes job easier)
·
Bermanfaat (usefull)
·
Menambah produktifitas (Increase productivity)
·
Mempertinggi efektifitas (enchance effectiveness)
·
Mengembangkan kinerja pekerjaan (improve job performance)
Peningkatan
kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan media teknologi
pendidikan, yaitu dengan cara mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang
dihadapi dalam belajar kemudian dicarikan pemecahannya melalui aplikasi
Teknologi Informasi yang sesuai. Upaya pemecahan
permasalahan pendidikan terutama masalah yang berhubungan dengan kualitas
pembelajaran, dapat ditempuh dengan cara penggunaan berbagai sumber belajar dan
penggunaan media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu dalam
meningkatkan kadar hasil belajar peserta didik. Teknologi informasi digunakan
sebagai media untuk mempermudah pencarian informasi tersebut.
Meskipun
memiliki banyak dampak positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi
dan komunikasi memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan
sehari-hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari
teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya
pemahaman user akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi
dan juga komunikasi dengan baik dan juga benar.
Berikut ini
adalah beberapa dampak negatif dari teknologi informasi dan juga komunikasi:
a.
Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara
fisik
b.
Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber
c.
Cyber Bullying
d.
Konten negative yang berkembang pesat
e.
Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas
f.
Menjauhkan yang dekat
g.
Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
h.
Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna (baca
juga: bahaya
kecanduan internet)
i.
Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja
seseorang
2.
Komponen
utama komputer terdiri atas Software, Hardware dan Brainware
Komponen utama komputer adalah
komponen yang harus ada pada sebuah sistem komputer, karena apabila salah satu
komponen tidak ada maka sistem komputerpun tidak akan berjalan dengan
semestinya. Komponen utama pada sistem komputer meliputi Hardware, Software, Brainware
a.
Hardware
atau perangkat
keras adalah komponen yang dapat diraba dan dilihat yang membentuk suatu
kesatuan. Terdiri dari:
1)
Bagian Input Pada bagian input, komponen-komponen komputer umum
yang harus kita ketahui adalah:
a)
Keyboard
Keyboard berfungsi
sebagai penginputan data dari luar dengan cara diketikkan pada keyboard.
Keyboard biasanya menyerupai mesin ketik manual (untuk susunan peletakkan
hurufnya). Saat ini dipasaran telah beredar keyboard dengan mengadopsi sitem
wireless. Dan biasanya harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan keyboard
biasa. Jenis-jenis keyboard di pasaran saat ini untuk informasi lebih detailnya
adalah: Serial, PS/2, USB dan wireless.
b)
Mouse
Mouse berfungi untuk
mengarahkan pointer pada layar monitor komputer. Dengan keberadaan mouse maka
akan membuat kita akan semakin untuk mengatur posisi pointer sesuai dengan
keinginan kita dengan cepat. Ciri-ciri sebuah mouse yang bagus adalah memiliki
sensitifitas yang amat tinggi dan tidak memerlukan perawatan yang rumit
(biasnya mouse optic dan wireless yang memiliki persyaratan ini, jangan
menggunakan mouse manual yang harus rutin dibersihkan untuk menghilangkan
debu).
c)
Floppy Disk Drive
Hardware yang menghubungkan disket dengan komputer. Jadi kita dapat
melakukan pemindahan data dari komputer satu dengan komputer lain dengan
menngunakan disket
d)
USB Flash Drive
USB Flash Drive atau
sering disebut juga Flask Disk ini sangat praktis dan memiliki daya tamping
yang sudah cukup besar.
e)
Piranti Optik
Berikut beberapa type
optic komputer :
(1). CD ROM, adalah
alat optic membaca inputan dari CD. Kekurangan dari alat ini adalah tidak dapat
me-rewrite di CD (memasukkan data ke CD). (2). CD RW, adalah alat optic yang
dapat berfungsi membaca dan me-rewrite file CD. Dengan alat ini maka Anda dapat
membuat CD dengan memasukkan file ke dalamnya. (3). Optik DVD, adalah alat yang
fungsinya hampir sama dengan CR ROM, bedanya jika CD ROM untuk CD maka Optik
DVD untuk membaca DVD dan CD. (4). DVD RW (DVD COMBO), bisa digunakan untuk
semua jenis aplikasi yang berhubungan dengan optic baik digunakan untuk CD
maupun DVD.
2)
Piranti Proses
Pada bagian ini umumnya peralatan
yang membuat kenapa komputer harganya mahal. Pada bagian pusat proses dinamakan
CPU (Central Prosesing Unit) yang merupakan unit proses utama dan
terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data
mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai
pada mengeluarkan informasi (Output) ke peralatan Output. Beberapa
peralatan penting yang ada dalam CPU antara lain adalah:
a.
Memory (RAM)
Ram adalah komponen
komputer yang berfungsi sebagai memori atau penyimpanan data sementara ketika
kita menjalankan program komputer.
b.
Mainboard atau Motherboard, mungkin mainboard bisa di
bilang sebagai badannya. Karena di mainboard banyak diletakkan
komponen-komponen penting seperti processor (beserta kipasnya), RAM, VGA dll
Motherboard memiliki beberapa fungsi penting yaitu untuk menentukan dan
mengatur alat yg akan dipasangkan di komputer, selain itu juga komponen
komputer dan menentukan kemampuan sistem. Motherboard memiliki komponen penting
seperti soket, chipset sistem dan bermacam slot seperti slot prosesor, slot
RAM, slot Ekspansi, dan juga port-port seperti port USB, mouse, keyboard, port
untuk printer firewire, dsb.
c.
Prosesor, (AMD
atau Intel), bisa dibilang inilah otaknya komputer dan terdiri dari jutaan
transistor
d.
Kartu
VGA, Sering disebut kartu video dan kartu grafis. Kartu Video ini berguna untuk
mengolah tampilan (display) pada layar komputer kita. Kartu video sangatlah
penting karena menentukan kualitas gambar. 2.5. Kartu Suara Kartu suara juga
memegang peranan penting. Karena kartu ini berfungsi sebagai input dan output
suara.
e.
Power Supply, Komputer
baru sekarang ini membutuhkan daya yang lebih besar karena semakin tingginya
pula keinginan untuk memasang beragam peripheral. Didalam sebuah power supply
sudah terintegrasi setidaknya sebuah cooling atau kipas pendingin. Sekedar
catatan jika memiliki komputer berprosesor super lebih baik menggunakan
pendinginan lebih dengan menggunakan Heat Sink.
f.
Soundcard, Soundcard atau kartu suara berfungs sebagai input
dan output suara. Pada bagian CPU sendiri terdiri dari:
1. Register
berfungsi menyimpan data sementara yang akan diproses di ALU.
2. CU
(Control Unit) berfungsi untuk melakukan pengendalian semua peralatan
lainya
3. ALU (Arithmetic Logical Unit) berfungsi melakukan
semua proses yang membutuhkan perhitungan matematika dan perbandingan secara
logika
3)
Peralatan Output Untuk output
pada dasarnya dibedakan atas:
·
Tampilan visual, dalam hal ini monitor memegang peranan yang
amat penting. Dalam penampilan visual di monitor sangat dipengaruhi oleh
kapasitas VGA.
·
Output berupa suara, yaitu speaker.
·
Output berupa cetakkan, untuk hal ini dapat berupa printer
dan plotter. Ploter adalah peralatan keluaran yang digunakan untuk keperluan
sistematis seperti mencetak atau menggambar berupa grafik, skematik, dan dapat
membuat diagram lainya. Sedangkan printer adalah alat output untuk mencetak
file yang biasanya file dokumen, seperti hasil ketikan di office microsoft
word.
b.
Software
atau perangkat
lunak adalah program-program komputer yang berfungsi untuk menjalankan suatu
pekerjaan dan program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti
komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
1)
Sistem
operasi, Sistem operasi adalah software yang berfungsi mengaktifkan seluruh
perangkat yang terpasang pada komputer sehinga dapat saling berinteraksi. Tanpa
sistem operasi, komputer tidak dapat berfungsi sama sekali. Contoh: DOS Unix,
Linux, Novell, OS/2, Windows, Mac OS, dll.
2)
Program
utility , Program utility adalah software yang berfungsi untuk mengisi kekurangan
dari sistem operasi. Contoh: Norton utility, Scandisk, PC Tools, dll.
3)
Program
apllikasi, Program aplikasi adalah program yang hanya melakukan pekerjaan
tertentu. Biasanya program aplikasi dibuat oleh seorang programmer sesuai
permintaan dan kebutuhan seseorang atau lembaga atau perusahaan untuk keperluan
intern.
4)
Program
paket, Program paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat
digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Contoh: Microsoft
Office, Adobe Photoshop, Macromedia Studio, Open Office, dll.
5)
Bahasa
Pemrograman adalah software khusus yang digunakan untuk membuat program
komputer, seperti sistem operasi, program paket, program aplikasi, dll. Bahasa
pemrograman dibagi menjadi tiga tingkat:
-
Low
Level Language bahasa pemrograman ini sangat sulit dimengerti karena
instruksinya menggunakan bahasa mesin.
-
Middle
Level Language bahasa pemrograman tingkat menengah ini instruksinya sudah
mendakati bahasa sehari-hari, tapi masih sulit untuk dimengerti. Contoh:
Assembler, ForTran.
-
High
Level Language bahasa pemrograman tingkat tinggi menggunakan bahasa sehari-hari
sehingga mudah dimengerti. Contoh: BASIC, Pascal, C, dll.
c.
Brainware
adalah
orang-orang yang menggunakan komputer. Seperti sistem analis, programmer,
operator, user, dan lain-lain. Brainware merupakan pemakai atau pengguna
komputer, dengan kata lain adalah orang yang mengoperasikan perangkat keras
komputer melalui software yang ada di komputer tersebut. Secanggih apapun komputer,
jika tidak ada pengguna yang mengoperasikan (barinware), maka keberadaan
komputer tersebut sama saja sia-sia. Karena komputer tersebut tidak akan bisa
bekerja sendiri tanpa dioperasikan oleh pemakainya.
3.
Peranan
dan manfaat multimedia dalam meningkatkan kinerja guru
Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan ajar
secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh
berbagai aspek seperti suara/audio, video, animasi, teks, dan grafik.
Pendidikan sangat membutuhkan teknologi multimedia. Peserta didik dapat
langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Dalam
aplikasi pembelajaran peserta didik dapat memilih materi atau subjek yang akan
dipelajari. Di layar monitor akan muncul teks materi/subjek disertai gambar,
suara, atau gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian peserta didik
akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan lebih tinggi untuk mempelajari
hal-hal lain karena merasa tertarik akan media penyajiannya.
Proses belajar
mengajar biasanya hanya menggunakan alat bantu papan tulis, white board, buku-buku, diktat, dan
lain-lain. Penggunaan alat bantu konvensional ini belum dapat mencapai tujuan
secara optimal. Menurut Munir (2012:11) Untuk meningkatkan kualitas hasil
pembelajaran, diperlukan perangkat lunak aplikasi pendidikan dengan bantuan
komputer berbasis multimedia yang lebih komunikatif dan interaktif. Hasil
belajar peserta didik dapat disimpan dalam basisdata dan dapat diakses setiap
saat bila diperlukan.
Beberapa model
multimedia dalam konteks pembelajaran menurut Darmawan (2014:48) adalah sebagai
berikut: “(a) media presentasi; (b) pembelajaran berbasis komputer (stand
alone); (c) televisi video; (d) 3D dan animasi; (e) e-learning management system (lms) dan; (f) mobile learning”. Kesemua model ini dapat membantu proses pembelajaran yang lebih
menyenangkan bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara
optimal.
4.
Peranan
dan manfaat internet dalam meningkatkan kinerja profesi guru:
Internet
mempunyai manfaat yang sangat besar, pengguna internet bisa mendapatkan semua
informasi yang dibutuhkan secara cepat dan lebih mudah. Menurut Triastuti (2009:8) internet bisa
digunakan untuk tujuan komersial yang sangat menguntungkan. Berbagai transaksi
bisa dilakukan melalui internet, sehingga bisa menghemat biaya dan menghemat
waktu. Munir (2015:194) menyatakan bahwa:
Internet memiliki karakteristik dan fungsi yang jelas
sebagai berikut:
1. Sebuah jaringan, menghubungkan berbagai
individu dan organisasi
2. Sebuah pasar, menawarkan pasar yang terbuka
dan sangat luas dengan banyak pelanggan potensial
3. Sebuah tempat transaksi, memungkinkan orang
dan bisnis untuk menyelesaikan transaksi on line financial
4. Sebuah tempat pengembangan aplikasi,
memungkinkan pengembang piranti lunak untuk menggunakannya sebagai dasar untuk
mengembangkan banyak aplikasi.
Manfaat menggunakan internet
menurut Sutisna (2007:29):
1.
Referensi tulisan. Melalui internet,
pengguna bisa mengkoleksi tulisan dari berbagai bidang keilmuan. Tulisan
tersebut berupa berita, makalah, skripsi, disertasi, atau buku lengkap yang
bisa diperoleh secara gratis.
2.
Basis data. Banyak jenis data yang disediakan
oleh internet, mulai dari katalog buku, arsip surat kabar dunia, daftar perguruan tinggi di
dunia, dan lain-lain.
3.
Gambar atau citra. Mengoleksi foto-foto
di bulan atau di angkasa luar bukan hal yang sulit dengan adanya internet.
Terdapat jutaan gambar di internet yang bisa kita dapatkan secara cuma-cuma.
4.
Program komputer. Ingin mempunyai
program kamus bahasa Inggris lengkap, tinggal download. Masih banyak program
lainnya yang bermanfaat.
5.
Data suara. Berbagai jenis lagu dari
negara lain bisa didapatkan di internet.
6.
Data video. Dari internet pengguna bisa
menonton film dan video bahkan mengambilnya secara cuma-cuma.
DAFTAR
PUSTAKA
Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munir.
(2005). Multimedia: Konsep dan Aplikasi
Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutisna,
Dadan. (2007). Belajar Mudah Menggunakan
Internet. Bandung: CV Citra Karya Utama Press.
Triastuti,
Yuli. (2009). Jago Internet untuk Pemula.
Jakarta: Cakrawala
https://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan-teknologi-informasi-dan-komunikasi
http://airmatakaisar.multiply.com/journal/item/57/KOMPONEN_UTAMA_KOMPUTER_hardware_software_brainware
http://hasiaulia.net/tag/komponen-komputer/
http://go-kerja.com/komponen-komputer/
Komponen Komputer
Komentar
Posting Komentar