PERANAN KOMPUTER BAGI PROFESI GURU DALAM PEMBELAJARAN MYOB ACCOUNTING
A.
Pendahuluan
Guru adalah
pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Salah satu peran
guru dalam pembelajaran adalah sebagai pelatih. Proses pendidikan dan pembelajaran memerlukan latihan
keterampilan, baik intelektual maupun motorik, sehingga menuntut guru untuk
bertindak sebagai pelatih, karena tanpa latihan tidak akan mampu menunjukkan
penguasaan kompetensi dasar dan tidak akan mahir dalam berbagai keterampilan yang
dikembangkan sesuai dengan materi standar. Ada beberapa latihan keterampilan
yang dikembangkan di sekolah khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) Program Keahlian Akuntansi yaitu keterampilan dalam mengoprasikan
komputer akuntansi dengan menggunakan aplikasi MYOB Accounting.
Komputer saat ini sudah bukan merupakan benda asing lagi bagi
kebanyakan orang di seluruh dunia. Hampir semua orang di seluruh penjuru dunia
sudah mengetahui seperti apa itu komputer. Komputer sudah berevolusi dari
sebuah mesin hitung raksasa yang minim fitur, hingga menjadi sebuah alat
elektronik yang sifatnya multi tasking, dan berteknologi tinggi. Sebagian besar orang sudah akrab
dengan komputer, berikut softwarenya, bahkan sudah bisa menjadi super user dari
sebuah komputer. Namun demikian, perlu untuk diketahui, bahwa definisi dari
sebuah komputer juga penting untuk dipelajari. Kita akan lebih mengenal sebuah
komputer ketika kita memahami apa sebenarnya arti dari sebuah komputer.
B. Komputer
Beberapa pengertian komputer menurut para ahli
1.
C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky
Hamacher, Vranesic, & Zaky
(dalam Wimatra dkk, 2008) mengatakan bahwa komputer didefinisikan sebagai
sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input
digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya
(stored program) dan menghasilkan output informasi.
2.
American Standard Institute
Masih di dalam buku yang disusun oleh Wimatra,
dkk (2008), disebutkan oleh American Standard Institute bahwa komputer pada
dasarnya merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat
melakukan perhitungan yag besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang
besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia untuk
mengoperasikannya selama pemrosesan.
3.
Wimatra, dkk (2008)
Wimatra, dkk membuat kesimpulan
mengenai arti penting dari sebuah komputer. WImatra, dkk (2008) mengatakan
bahwa yang dimaksud dengan sebuah komputer adalah suatu sistem perangkat
elektronik yang memilki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang
kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.
Ditambahkan pula, bahwa suatu
komputer harus memiliki beberapa elemen agar bisa bekerja dengan baik dan juga
bermanfaat, yaitu elemen brainwae (user), hardware (perangkat keras komputer)
dan juga software (perangkat lunak komputer).
Berdasarkan beberapa pendapat tokoh yang sudah disebutkan sebelumnya, maka
dapat disimpulkan bahwa komputer pada dasarnya merupakan sebuah mesin
elektronik yang memiliki fungsi utama untuk melakukan proses penghitungan (to
compute). Komputer membutuhkan perangkat brainware, hardware dan juga software,
yang merupakan elemen dari sebuah komputer untuk dapat bekerja mengolah,
memanipulasi, dan juga merubah sebuah data menjadi informasi yang berguna. Komputer
dapat menyajikan output berupa informasi dalam bentuk analog maupun digital.
MYOB Accounting merupakan
aplikasi yang digunakan dalam komputer akuntansi. Komputer akuntansi adalah sebuah sistem
akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan
dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan
keuangan dalam sebuah perusahaan. MYOB
Accounting ini merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari siswa
program keahlian akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada tingkat XI dan
XII. Beberapa manfaat dari
komputer akuntansi (MYOB):
1.
Dapat menyediakan
informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama
pada value cham secara efisien.
2.
Penengah kekeliruan
karna tingkat ketelitian dan fokus dari komputer lebih tinggi meningkatkan
efisien.
3.
Meningkatkan
kemampuan dalam pengambilan keputusan.
4.
Meningkatkan kualitas
dan mengurangi biaya produk dan jasa yang di hasilkan.
5.
Menambah efisien
kerja dibagian keuangan.
6.
Meningkatkan sharing
knowledge.
D.
Manfaat Komputer Bagi
Profesi Guru
Manfaat komputer dalam
pendidikan atau pembelajaran, yaitu:
1.
Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan
menggunakan komputer.
MenurutS udjana dan Rivai (1989) ada beberapa model
pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and
practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model
simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini
dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih
menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan
mereka.
2.
Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan
adanya fasilitas komputer.
Mereka dapat mengerjakan tugas - tugas dengan kreatif
melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara,
video, gambar dan lainnya.
3.
Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan
adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau
arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas
pendidikannya.
4.
Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan
pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah
dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik.
Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer
hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.
Dalam buku Teknologi Pengajaran (Sudjana, 2007: 137)
menyebutkan bahwa terdapat enam keuntungan memanfaatkan komputer dalam
pengajaran, antara lain:
1.
Cara kerja baru dengan komputer akan membangkitkan
motivasi kepada siswa dalam belajar
2.
Warna, musik, dan grafis animasi dapat menambahkan
kesan realisme dan menuntut latihan, kegiatan laboratorium, simulasi, dan
sebagainya
3.
Respon pribadi yang cepat dalam kegiatan-kegiatan
belajar siswa akan menghasilkan penguatan yang tinggi
4.
Kemampuan memori memungkinkan penampilan siswa yang
telah lampau direkam dan dipakai dalam merencanakan langkah-langkah selanjutnya
di kemudian hari
5.
Kesabaran, kebiasaan pribadi yang dapat diprogram
melengkapi suasana sikap yang lebih positif, terutama berguna sekali untuk
siswa yang lamban
6.
Kemampuan daya rekamnya memungkinkan pengajaran
individual bisa dilaksanakan, pemberian perintah secara individual dapat
dipersiapkan bagi semua siswa, terutama untuk siswa-siswa yang dikhususkan, dan
kemajuan belajar mereka pun dapat diawasi terus
7.
Rentang pengawasan guru diperlebar sejalan dengan
banyaknya informasi yang disajikan dengan mudah dan diatur oleh guru, dan
membantu pengawasan lebih dekat kepada kontak langsung dengan para siswa.
Contoh penggunaan komputer dalam pembelajaran
E.
SUMBER
Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
https://ang6a5aputr4.blogspot.co.id
https://anomsblg.wordpress.com
https://sagussuyadi.files.wordpress.com
Komentar
Posting Komentar