PERANAN KOMPUTER BAGI PROFESI GURU DALAM PEMBELAJARAN MYOB ACCOUNTING

A.       Pendahuluan
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Salah satu peran guru dalam pembelajaran adalah sebagai pelatih. Proses pendidikan dan pembelajaran memerlukan latihan keterampilan, baik intelektual maupun motorik, sehingga menuntut guru untuk bertindak sebagai pelatih, karena tanpa latihan tidak akan mampu menunjukkan penguasaan kompetensi dasar dan tidak akan mahir dalam berbagai keterampilan yang dikembangkan sesuai dengan materi standar. Ada beberapa latihan keterampilan yang dikembangkan di sekolah khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Akuntansi yaitu keterampilan dalam mengoprasikan komputer akuntansi dengan menggunakan aplikasi MYOB Accounting.
Komputer saat ini sudah bukan merupakan benda asing lagi bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Hampir semua orang di seluruh penjuru dunia sudah mengetahui seperti apa itu komputer. Komputer sudah berevolusi dari sebuah mesin hitung raksasa yang minim fitur, hingga menjadi sebuah alat elektronik yang sifatnya multi tasking, dan berteknologi tinggi. Sebagian besar orang sudah akrab dengan komputer, berikut softwarenya, bahkan sudah bisa menjadi super user dari sebuah komputer. Namun demikian, perlu untuk diketahui, bahwa definisi dari sebuah komputer juga penting untuk dipelajari. Kita akan lebih mengenal sebuah komputer ketika kita memahami apa sebenarnya arti dari sebuah komputer.

B.       Komputer
Beberapa pengertian komputer menurut para ahli
1.        C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky
Hamacher, Vranesic, & Zaky (dalam Wimatra dkk, 2008) mengatakan bahwa komputer didefinisikan sebagai sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
2.        American Standard Institute
Masih di dalam buku yang disusun oleh Wimatra, dkk (2008), disebutkan oleh American Standard Institute bahwa komputer pada dasarnya merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yag besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama pemrosesan.
3.        Wimatra, dkk (2008)
Wimatra, dkk membuat kesimpulan mengenai arti penting dari sebuah komputer. WImatra, dkk (2008) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sebuah komputer adalah suatu sistem perangkat elektronik yang memilki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.
Ditambahkan pula, bahwa suatu komputer harus memiliki beberapa elemen agar bisa bekerja dengan baik dan juga bermanfaat, yaitu elemen brainwae (user), hardware (perangkat keras komputer) dan juga software (perangkat lunak komputer).
Berdasarkan beberapa pendapat tokoh yang sudah disebutkan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa komputer pada dasarnya merupakan sebuah mesin elektronik yang memiliki fungsi utama untuk melakukan proses penghitungan (to compute). Komputer membutuhkan perangkat brainware, hardware dan juga software, yang merupakan elemen dari sebuah komputer untuk dapat bekerja mengolah, memanipulasi, dan juga merubah sebuah data menjadi informasi yang berguna. Komputer dapat menyajikan output berupa informasi dalam bentuk analog maupun digital.

 C.        MYOB ACCOUNTING
MYOB Accounting merupakan aplikasi yang digunakan dalam komputer akuntansi.  Komputer akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan. MYOB Accounting ini merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari siswa program keahlian akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada tingkat XI dan XII. Beberapa manfaat dari komputer akuntansi (MYOB):
1.        Dapat menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value cham secara efisien.
2.        Penengah kekeliruan karna tingkat ketelitian dan fokus dari komputer lebih tinggi meningkatkan efisien.
3.        Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.
4.        Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang di hasilkan.
5.        Menambah efisien kerja dibagian keuangan.
6.        Meningkatkan sharing knowledge.


D.       Manfaat Komputer Bagi Profesi Guru
Manfaat komputer dalam pendidikan atau pembelajaran, yaitu:
1.        Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer.
MenurutS udjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan  mereka.

2.        Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer.
Mereka dapat mengerjakan tugas - tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.
3.        Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
4.        Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer  hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.

Dalam buku Teknologi Pengajaran (Sudjana, 2007: 137) menyebutkan bahwa terdapat enam keuntungan memanfaatkan komputer dalam pengajaran, antara lain:
1.         Cara kerja baru dengan komputer akan membangkitkan motivasi kepada siswa dalam belajar
2.         Warna, musik, dan grafis animasi dapat menambahkan kesan realisme dan menuntut latihan, kegiatan laboratorium, simulasi, dan sebagainya
3.         Respon pribadi yang cepat dalam kegiatan-kegiatan belajar siswa akan menghasilkan penguatan yang tinggi
4.         Kemampuan memori memungkinkan penampilan siswa yang telah lampau direkam dan dipakai dalam merencanakan langkah-langkah selanjutnya di kemudian hari
5.         Kesabaran, kebiasaan pribadi yang dapat diprogram melengkapi suasana sikap yang lebih positif, terutama berguna sekali untuk siswa yang lamban
6.         Kemampuan daya rekamnya memungkinkan pengajaran individual bisa dilaksanakan, pemberian perintah secara individual dapat dipersiapkan bagi semua siswa, terutama untuk siswa-siswa yang dikhususkan, dan kemajuan belajar mereka pun dapat diawasi terus
7.         Rentang pengawasan guru diperlebar sejalan dengan banyaknya informasi yang disajikan dengan mudah dan diatur oleh guru, dan membantu pengawasan lebih dekat kepada kontak langsung dengan para siswa.

Contoh penggunaan komputer dalam pembelajaran




E.        SUMBER
Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
https://ang6a5aputr4.blogspot.co.id
https://anomsblg.wordpress.com
https://sagussuyadi.files.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINJAUAN PUSTAKA MULTIMEDIA

PENGERTIAN, SEJARAH, DAN JENIS-JENIS BARCODE

MEMBUAT MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 8